Tuesday, 02 Jul 2024
  • Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh., Selamat Datang di website SMP Pembangunan V Yapis Jayapura

PELAKSANAAN PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN TEMA SUARA DEMOKRASI

 

SMP Pembangunan V Yapis Waena merupakan salah satu dari lima Sekolah Penggerak di Kota Jayapura Angkatan 1. Sekolah Penggerak merupakan sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar secara holistic dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter).

Dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila tersebut, maka pada hari Senin, tanggal 14 Maret 2022 SMP Pembangunan V Yapis Waena melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Peserta yang terlibat adalah siswa kelas 7A dan 7B. Acara tersebut dilaksanakan di panggung sekolah,  yang dihadiri oleh tiga (3) Pengawas Sekolah SMP Kota Jayapura, dewan guru, dan disaksikan oleh siswa kelas 8 dan 9. Bersamaan acara ini Pengurus OSIS melaksanakan kegiatan Bazar sebagai upaya untuk melatih kewirausahaan dan kemandirian siswa.

Projek Profil Pelajar Pancasila pada kesempatan yang kedua ini mengambil tema SUARA DEMOKRASI dalam bentuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden SMP Pembangunan V Yapis Waena. Pada simulasi ini siswa kelas 7A dan 7B mengambil berbagai peran dalam PILPRES seperti : 1) Tim KPU, 2) Pengurus Partai, 3) Tim Sukses, 4) Calon presiden dan wakil presiden, 5) moderator kampanye dan debat, 6) panelis debat, 7) KPPS, 8) wartawan, 9) cameramen, 10) massa pendukung.

Pelaksanaan kegiatan disimulasikan sebagaimana layaknya pelaksaan PILPRES Republik Indonesia. Dimulai dari rapat internal partai untuk menentukan calon presiden dan wakil presiden, konferensi pers pengurus partai, kampanye calon presiden dan wakil presiden dari masing-masing partai, debat umum calon presiden dan wakil presiden, pelaksanaan kampanye, pemilihan langsung calon presiden dan wakil presiden, perhitungan surat suara hasil pemilu, dan pengumuman KPU tentang presiden dan wakil presiden terpilih.

Melalui kegiatan ini dimaksudkan  untuk mengenalkan proses penyelenggaraan PEMILU terutama PILPRES; praktik mengamalkan asas-asas Pemilu yang berlaku di Indonesia; ikut berpartisipasi melalui penyelenggaraan Pilpres. Kegiatan dilakukan oleh siswa dengan bermain peran, Siswa pun diharapkan dapat memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia dan menjelaskan Proses Pemilu dengan benar.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu khusus guna memberi kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.

Dalam kegiatan proyek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan Pembelajaran Paradigma baru. Pemahaman mengenai Profil Pelajar Pancasila dan Pembelajaran Paradigma Baru perlu diupayakan oleh semua pihak karena merupakan kebijakan baru. Tujuan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci. Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial. Keenam dimensi tersebut adalah: a. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; b. Berkebinekaan global; c. Gotong royong; d. Mandiri; e. Bernalar kritis; f. Kreatif.

Post Terkait

1 Komentar

Imam, Tuesday, 6 Sep 2022

Bagus banget, bisa jadi inspirasi..
Mantap, semangat terus yaa..

Reply

KELUAR